Kemendagri Harus Jadi Poros di Tiga Hal Ini

By Admin

nusakini.com--Kementerian Dalam Negeri merupakan kementerian yang punya peran strategis. Karena itu Kemendagri harus mampu menjadi poros di tiga hal ini. Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt), Hadi Prabowo, di Jakarta, Rabu (3/1). 

Menurut Hadi, ada tiga hal yang harus dijaga Kemendagri. Di tiga hal ini, Kemendagri harus jadi poros. Tiga hal yang dimaksud, pertama Kemendagri harus menjadi poros bagi jalannya pemerintahan dan politik dalam negeri. Kedua, Kemendagri harus jadi poros dalam meningkatkan pelayanan publik. 

"Ketiga jadi poros dalam menegakan demokrasi dan menjaga integrasi bangsa," kata Hadi. 

Hadi juga menjelaskan arah kebijakan Kemendagri di tahun anggaran 2018. Menurut Hadi, arah kebijakan ini merupakan penjabaran visi dan misi Presiden Jokowi. Arah kebijakan pertama, memantapkan wawasan kebangsaan, demokratisasi dan stabilitas politik dalam negeri di tahun 2018. Arah kebijakan kedua, mewujudkan efektivitas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan umum, dan hubungan pusat-daerah serta administrasi kependudukan. 

"Ketiga, mewujudkan efektivitas penyelenggaraan desentralisasi dan otonomi daerah," kata Hadi. 

Arah kebijakan yang keempat, lanjut Hadi, mendorong terwujudnya keserasian pembangunan antar wilayah dan daerah serta memperkuat desa. Sedangkan arah kebijakan yang kelima, mendorong daya saing daerah melalui inovasi dan produktivitas daerah. 

"Dan arah kebijakan yang keenam, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif," katanya. (p/ab)